Edukasi Pasien Radiologi

Wednesday, March 28, 2018


Informasi Tentang Sinar-X Untuk Pasien dan Masyarakat

Apa itu Sinar-X?

Di rumah sakit, klinik, ataupun puskesmas, jika mendengar, melihat, membaca kata “sinar-X”, maka itu artinya radiasi. Jadi kalau pasien di sinar-X artinya pasien di sinari dengan radiasi.

Apa gunanya sinar-X atau radiasi itu?

Sinar-x adalah salah satu bentuk radiasi elektromagnetik, seperti: cahaya tampak dan gelombang radio. Karena sinar-X memiliki energi yang lebih tinggi dari pada cahaya tampak, mak sinar-X dapat menembus tubuh manusia. Pertama kali sinar-X digunakan untuk fotografi oleh Wilhem Roentgen tahun 1895, setelah itu, sinar-X mengalami perkembangan penggunaan untuk pencitraan medis sampai sekarang. Bahkan nama penemunya sering digunakan untuk menyebut sinar-X sebagai roentgen.
Dengan menggunakan alat dan teknik yang tepat, sinar-X dapat menghasilkan gambaran struktur dalam tubuh untuk mememriksa penyakit atau masalah lain yang yang ada dalam tubuh manusia. Jadi sinar-X merupakan alat diagnostik penyakit pasien, bahkan sinar-X dapat memandu secara langsung (real-time guided) proses pengobatan pada pasien.

Apa saja alat diagnostik pasien yang menggunakan sinar-X?

Ada sinar-X Radiografi, CT scan, Fluoroskopi.

Sinar-X Radiologi
 
Sinar-X radiografi ada beberapa macam  yaitu untuk radiografi umum (foto dada, panggul, tangan, kaki), radiografi gigi (foto gigi, panoramik), dan radiografi mamo (mamografi).

Sinar-X Fluoroskopi

Sinar-X fluoroskopi ada beberapa macam sesuai penggunaannya, untuk pemeriksaan usus atau untuk mendapatkan gambaran aliran darah di pembuluh darah. Fluoroskopi juga dapat digunakan untuk memandu prosedur perawatan seperti drainase ginjal yang terhambat, nefrostomi, atau pelebaran arteri yang menyempit, angioplasti.

CT SCAN

CT Scan adalah sinar-X dengan teknologi canggih Pasien di minta tidur terlentang pada sebuah meja panjang kemudian meja bergerak melewati lubang melingkar yang di dalamnya ada tabung sinar-X dan detektor. Pasien di sinar-X secara memutar (dipindai) dalam bentuk irisan (slice) sehingga terbentuk gambar struktur anatomi tubuh yang dipindai dan tampil di layar tv monitor, dan menghasilkan gambar 3D (tiga dimensi).



Apakah diagnostik dengan sinar-X ada bahayanya?

Karena sinar-X itu adalah salah satu bentuk radiasi, maka akan sama dengan bentuk radiasi lainnya. Selain memiliki manfaat, radiasi sinar-X juga memiliki potensi risiko bahaya. Diagnostik dengan sinar-X harus diupayakan memperoleh manfaat yang besar dengan menekan potensi risiko yang serendah-rendahnya.
Sinar-X dapat merusak sel-sel di tubuh, yang meningkatkan potensi risiko kanker. Peningkatan risiko radiasi sangat erat dengan prosedur penggunaan sinar-X dan banyaknya jumlah pemeriksaan dengan sinar-X. Ini sama dengan prinsip terpapar sinar matahari, semakin lama terpapar akan berpotensi meningkatkan resiko kanker kulit.

1 comment