Computer Tomografi

Friday, December 2, 2011

X-ray Computed Tomography adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang digunakan oleh medis. Ini mengggunakan metode tomografi. CT digunakan untuk melengkapi sinar-X dan ultrasonografi medis. CT menghasilkan gambar tiga dimensi dari objek dua dimensi sinar-X. penggunaan CT meningkat drastic selama dua dekade terakhir di banyak negara. Diperkirakan 72 juta scan dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 2007.
Kata Tomografi berasal dari bahasa yunani tomos dan graphein. Sejarah CT awalnya dikenal sebagai EMI scan. EMI adalah sebuah perusahaan paling dikenal saat ini untuk musik dan bisnis rekaman.
Cara CT bekerja


CT menghasilkan volume data yang dapat dimanipulasi, melalui proses yang dikenal sebagai “windowing”, untuk menunjukkan struktur tubuh seperti berdasarkan kemampuan mereka untuk memblokir sinar X-ray. Walaupun secara historis gambar yang dihasilkan berada di pesawat atau melintang aksial, ortogonal terhadap sumbu panjang tubuh, scanner modern memungkinkan ini volume data yang akan diformat ulang dalam berbagai bidang atau bahkan sebagai volumetrik (3D) representasi dari struktur.. Meskipun paling umum dalam kedokteran, CT juga digunakan dalam bidang lain, seperti pengujian bahan tak rusak. Contoh lain adalah menggunakan arkeologi seperti pencitraan isi sarkofagus atau DigiMorph proyek di University of Texas di Austin yang menggunakan pemindai CT untuk belajar biologi dan paleontologi spesimen.

Sumber: wikipedia

No comments:

Post a Comment