Teknik Radiografi Intra Venous Pyelography (IVP)

Wednesday, November 9, 2011

Pyelogram intravena (IVP)

  • Apakah yang dimaksud dengan pyelogram intravena (IVP)?
  • Apakah kegunaan umum dari prosedur ini?
  • Bagaimana seharusnya saya persiapkan?
  • Apa peralatan terlihat seperti?
  • Bagaimana cara kerja prosedur?
  • Bagaimana prosedur dilakukan?
  • Apa yang akan saya alami selama dan setelah prosedur?
  • Siapa yang menafsirkan hasil dan bagaimana saya mendapatkannya?
  • Apa manfaat vs risiko?
  • Apa keterbatasan ujian IVP?Apakah yang dimaksud dengan pyelogram intravena (IVP)? Sebuah pyelogram intravena (IVP) adalah sebuah x-ray pemeriksaan dari ginjal, ureter dan saluran kencing kandung kemih yang menggunakan iodinasi bahan kontras disuntikkan ke pembuluh darah.
    Sebuah x-ray (radiograf) adalah tes medis invasif yang membantu dokter mendiagnosa dan mengobati kondisi medis. Pencitraan dengan sinar-x melibatkan mengekspos bagian tubuh dengan dosis kecil radiasi pengion untuk menghasilkan gambar bagian dalam tubuh. Sinar-X adalah bentuk tertua dan paling sering digunakan pencitraan medis.
    Ketika bahan kontras disuntikkan ke dalam vena di lengan pasien, ia bergerak melalui aliran darah dan mengumpulkan di ginjal dan saluran kemih, mengubah daerah-daerah putih terang di x-ray. Sebuah IVP memungkinkan ahli radiologi

    Apakah kegunaan umum dari prosedur ini?

    Pemeriksaan pyelogram intravena membantu dokter menilai kelainan pada sistem saluran kemih, serta seberapa cepat dan efisien sistem pasien mampu menangani limbah cairan.
    Ujian digunakan untuk membantu mendiagnosis gejala-gejala seperti darah dalam urin atau nyeri di samping atau punggung bawah.
    Ujian IVP dapat memungkinkan ahli radiologi untuk mendeteksi masalah dalam saluran kemih yang dihasilkan dari:
  • batu ginjal
  • diperbesar prostat
  • tumor di ginjal, ureter atau kandung kemih
  • operasi pada saluran kemih
  • untuk melihat dan menilai anatomi dan fungsi dari ginjal, ureter dan kandung kemih.

    Bagaimana seharusnya saya persiapkan?

    Dokter Anda akan memberikan petunjuk rinci tentang cara untuk mempersiapkan diri bagi studi IVP Anda.
    Anda mungkin akan diperintahkan untuk tidak makan atau minum setelah tengah malam pada malam sebelum ujian Anda. Anda juga mungkin akan diminta untuk mengambil ringan pencahar (baik dalam bentuk pil atau cair) malam sebelum prosedur.
    Anda harus memberitahu dokter Anda dari setiap obat yang kita pakai dan jika Anda memiliki alergi, terutama untuk barium atau iodinasi bahan kontras . Juga memberitahu dokter Anda tentang penyakit baru atau kondisi medis lainnya.
    Anda mungkin diminta untuk menghapus beberapa atau semua pakaian Anda dan memakai gaun selama ujian. Anda juga mungkin diminta untuk menghapus perhiasan, peralatan gigi dilepas, kaca mata dan benda logam atau pakaian yang mungkin mengganggu dengan gambar x-ray.
    Wanita harus selalu memberitahu dokter dan x-ray mereka teknolog jika ada kemungkinan bahwa mereka hamil. Tes pencitraan Banyak yang tidak dilakukan selama kehamilan agar tidak mengekspos janin untuk radiasi. Jika x-ray diperlukan, tindakan pencegahan akan diambil untuk meminimalkan paparan radiasi ke bayi. Lihat halaman Keselamatan untuk informasi lebih lanjut tentang kehamilan dan x-ray.

    Apa peralatan terlihat seperti?

    Peralatan yang biasanya digunakan untuk pemeriksaan ini terdiri dari sebuah tabel radiografi, sebuah tabung x-ray dan sebuah monitor televisi-seperti yang terletak di ruang pemeriksaan. Fluoroskopi, yang mengubah sinar-x dalam gambar video, digunakan untuk menonton dan membimbing kemajuan prosedur. Video ini diproduksi oleh mesin x-ray dan intensifier gambar yang menggantung di atas meja di mana pasien berbaring.

    Bagaimana cara kerja prosedur?

    Sinar-X adalah bentuk dari radiasi seperti cahaya atau gelombang radio. Sinar-X melewati objek yang paling, termasuk tubuh. Setelah itu hati-hati ditujukan pada bagian tubuh yang diperiksa, mesin x-ray menghasilkan ledakan kecil radiasi yang melewati tubuh, merekam gambar pada film fotografi atau piring gambar rekaman khusus digital.
    Dalam ujian IVP, suatu yodium yang mengandung bahan kontras disuntikkan melalui vena di lengan. Bahan kontras kemudian mengumpulkan pada ginjal, ureter dan kandung kemih, tajam mendefinisikan penampilan mereka dalam putih terang di x-ray.
    Gambar sinar-X dipertahankan sebagai salinan film yang keras (seperti negatif foto) atau, lebih mungkin, sebagai gambar digital yang disimpan secara elektronik. Gambar-gambar ini disimpan dengan mudah diakses dan kadang-kadang dibandingkan dengan saat gambar x-ray untuk diagnosis dan manajemen penyakit.

    Bagaimana prosedur dilakukan?

    Pemeriksaan ini biasanya dilakukan secara rawat jalan.
    Pasien diposisikan di atas meja dan masih x-ray diambil. Bahan kontras kemudian disuntikkan, biasanya dalam suatu vena di lengan pasien, diikuti oleh gambar diam tambahan. Jumlah gambar yang diambil tergantung pada alasan untuk pemeriksaan dan anatomi pasien.
    Anda harus memegang diam dan mungkin diminta untuk menjaga dari bernapas selama beberapa detik saat gambar x-ray diambil untuk mengurangi kemungkinan gambar buram. Para teknolog akan berjalan di belakang dinding atau ke kamar sebelah untuk mengaktifkan mesin x-ray.
    Sebagai bahan kontras diproses oleh ginjal, serangkaian gambar yang diambil untuk menentukan ukuran sebenarnya dari ginjal dan untuk menangkap saluran kemih dalam tindakan seperti itu mulai kosong. Teknolog dapat mengajukan sebuah band kompresi seluruh tubuh untuk lebih memvisualisasikan struktur kemih terkemuka dari ginjal.
    Ketika pemeriksaan selesai, Anda akan diminta untuk menunggu sampai ahli radiologi menentukan bahwa semua gambar yang diperlukan telah diperoleh.
    Sebuah studi IVP biasanya diselesaikan dalam waktu satu jam. Namun, karena beberapa fungsi ginjal pada tingkat lebih lambat, ujian dapat berlangsung hingga empat jam.

    Apa yang akan saya alami selama dan setelah prosedur?

    IVP biasanya prosedur yang relatif nyaman.
    Anda akan merasakan sengatan kecil sebagai bahan kontras disuntikkan ke lengan Anda melalui jarum kecil. Beberapa pasien mengalami flush kehangatan, sensasi gatal ringan dan rasa logam dalam mulut mereka itu mulai beredar ke seluruh tubuh mereka. Efek samping yang umum biasanya hilang dalam satu atau dua menit dan tidak berbahaya. Jarang, beberapa pasien akan mengalami reaksi alergi. Gatal yang menetap atau disertai dengan gatal-gatal , dapat dengan mudah diobati dengan obat. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, pasien mungkin menjadi pendek napas atau mengalami pembengkakan di tenggorokan atau bagian lain dari tubuh. Ini dapat indikasi dari reaksi yang lebih serius terhadap bahan kontras yang harus ditangani segera. Katakan ahli radiologi segera jika Anda mengalami gejala ini.
    Selama proses pencitraan, Anda mungkin diminta untuk berbalik dari sisi ke sisi dan memegang posisi berbeda untuk memungkinkan ahli radiologi untuk menangkap dilihat dari beberapa sudut. Menjelang akhir ujian, Anda mungkin akan diminta untuk mengosongkan kandung kemih Anda sehingga tambahan x-ray dapat diambil dari kandung kemih Anda setelah itu bermuara.
    Bahan kontras digunakan untuk studi IVP tidak akan menghitamkan air seni atau menyebabkan ketidaknyamanan ketika Anda buang air kecil. Jika Anda mengalami gejala seperti setelah ujian IVP Anda, Anda harus membiarkan dokter Anda tahu segera.

    Siapa yang menafsirkan hasil dan bagaimana saya mendapatkannya?

    Seorang ahli radiologi, dokter khusus terlatih untuk mengawasi dan menginterpretasikan pemeriksaan radiologi, akan menganalisis gambar dan mengirim laporan ditandatangani ke perawatan primer atau dokter merujuk , yang akan membahas hasil dengan Anda.
    Tindak lanjut pemeriksaan sering diperlukan, dan dokter Anda akan menjelaskan alasan yang tepat mengapa ujian yang lain diminta. Kadang-kadang pemeriksaan tindak lanjut ini dilakukan karena temuan mencurigakan atau dipertanyakan memerlukan klarifikasi dengan pemandangan tambahan atau teknik pencitraan khusus. Pemeriksaan tindak lanjut mungkin diperlukan sehingga setiap perubahan dalam suatu kelainan yang dikenal dapat dideteksi dari waktu ke waktu. Tindak lanjut pemeriksaan kadang-kadang cara terbaik untuk mengetahui apakah pengobatan bekerja atau jika suatu kelainan stabil dari waktu ke waktu.

    Apa manfaat vs risiko?

    Manfaat

  • Pencitraan saluran kemih dengan IVP adalah minimal invasif prosedur.
  • Gambar IVP menyediakan berharga, informasi rinci untuk membantu dokter dalam mendiagnosis dan mengobati kondisi saluran kemih dari batu ginjal sampai kanker .
  • Sebuah IVP sering dapat memberikan informasi yang cukup tentang batu ginjal dan penghalang saluran kemih pengobatan langsung dengan obat-obatan dan menghindari prosedur pembedahan yang lebih invasif.
  • Tidak ada radiasi tetap dalam tubuh pasien setelah pemeriksaan x-ray.
  • Sinar-X biasanya memiliki efek samping pada rentang diagnostik.

Resiko

  • Selalu ada kesempatan sedikit kanker dari paparan radiasi yang berlebihan. Namun, manfaat dari diagnosis yang akurat jauh melampaui risiko.
  • Dosis radiasi efektif untuk prosedur ini bervariasi. Lihat halaman Keselamatan untuk informasi lebih lanjut tentang dosis radiasi.
  • Kontras bahan yang digunakan dalam studi IVP dapat menyebabkan reaksi alergi yang merugikan pada beberapa orang, kadang-kadang membutuhkan perawatan medis.
  • Wanita harus selalu memberitahu dokter mereka atau x-ray teknolog jika ada kemungkinan bahwa mereka hamil. Lihat halaman Keselamatan untuk informasi lebih lanjut tentang kehamilan dan x-ray.

Sepatah Kata Tentang Meminimalkan Paparan Radiasi

Perawatan khusus diambil selama pemeriksaan x-ray untuk menggunakan dosis radiasi serendah mungkin sambil menghasilkan gambar terbaik untuk evaluasi. Nasional dan dewan radiologi perlindungan internasional terus-menerus meninjau dan memperbarui standar teknik yang digunakan oleh para profesional radiologi.
State-of-the-art x-ray sistem harus dikontrol ketat x-ray balok dengan filtrasi yang signifikan dan metode kontrol untuk meminimalkan dosis radiasi tersesat atau menyebar. Hal ini memastikan bahwa bagian-bagian tubuh pasien tidak dicitrakan menerima paparan radiasi yang minimal.

Apa keterbatasan ujian IVP?

Sebuah IVP menunjukkan rincian dari bagian dalam saluran kemih termasuk ginjal, ureter dan kandung kemih. Computed tomography (CT) atau magnetic resonance imaging (MRI) dapat menambahkan informasi berharga tentang jaringan fungsi ginjal dan struktur sekitarnya dekat ginjal, ureter dan kandung kemih. Tumor saluran kemih dan batu kecil yang lebih mudah diidentifikasi pada ujian ini.
IVP ujian biasanya tidak diindikasikan untuk wanita hamil.
Menggunakan untuk IVP pada bayi dan anak-anak terbatas. Tes-tes lain, termasuk ultrasound, dapat digunakan dalam kebanyakan kasus untuk mengevaluasi ginjal. Secara umum, IVPs tidak dilakukan pada pasien anak.

No comments:

Post a Comment